Gatal Kurap

1 min read

gatal kurap

Hallo guys, kamu tau engga si ternyata terlalu banyak mengeluarkan keringat dapat menimbulkan gatal kurap lho.

Nah, lalu apa itu gatal kurap? langsung aja kita simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Gatal Kurap

Gambar gatal kurap
Kurap pada kulit

Gatal kurap atau bisa dikenal dengan ringworm sering ditandai dengan timbulnya ruam merah berbentuk melingkar yang disebabkan oleh infeksi jamur. Pada beberapa kasus kurap dapat terjadi karena penularan yang bisa disebabkan kontak fisik dengan penderita, ataupun melalui hewan dan benda yang terkena jamur penyebab kurap.

Kurap sering ditemukan di area yang sering lembab dan jarang dibersihkan. Oleh karena itu kita harus benar-benar menjaga kebersihan tubuh kita.

Penyebab Gatal Kurap

Menjaga kebersihan tubuh
Mengelap keringat Sampai Kering

Agar tubuh kita terhindar dari gatal kurap, penting untuk kalian ketahui apa saja faktor-faktor penyebab gatal ini bisa tumbuh di tubuh kita.

1. Kontak Langsung Dengan Penderita Kurap

Gatal kurap merupakan salah satu jenis gatal kulit yang sangat mudah menular. Oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan tentang apa saja yang kita gunakan.

Jangan sampai kita menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi gatal kurap.

2. Kondisi Kulit Yang Lembab

Gatal kurap adalah gatal yang disebabkan oleh infeksi dari jamur. Seperti yang kita ketahui bersama jamur dapat bertumbuh dengan cepat pada kondisi lembab.

Maka dari itu, jika kita selesai beraktivitas lalu mengeluarkan keringat banyak, ataupun selesai mandi. Kita harus mengelap betul-betul badan kita sampai kering.

Hal ini dilakukan agar jamur penyebab kurap tidak bisa berkembang di tubuh kita.

3. Menggunakan Pakaian Yang Ketat

Ternyata menggunakan pakaian yang ketat dapat menimbulkan kurap juga lho.

Ini disebabkan ketika kita menggunakan pakaian yang ketat maka sirkulasi udara akan terganggu sehingga suhu kulit menjadi panas dan bisa menimbulkan keringat.

Jika hal ini dibiarkan terus-menerus tidak menutup kemungkinan jamur penyebab kurap dapat berkembang dengan baik.

4. Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Tubuh yang memiliki daya tahan tubuh yang tidak fit akan sangat mudah untuk terkena berbagai macam jenis penyakit. Tak terkecuali kurap ini.

Cara Mengatasi Gatal Kurap

menggunakan obat anti jamur
Menggunakan Salep Anti Jamur

Jika kamu sudah terkena ruam akibat jamur, tidak perlu khawatir berikut akan saya share cara apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal kurap.

1. Menjaga Kebersihan

Pertama, yang perlu kalian lakukan adalah menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan tempat tidur, barang-barang yang digunakan, dan pastinya kebersihan diri sendiri.

Untuk kebersihan tempat tidur kalian bisa rutin mencuci sprai menggunakan air panas. Hal ini dilakukan untuk mencegah spora yang kemungkinan sudah menempel di sprei.

Untuk barang-barang yang digunakan juga dipastikan untuk rutin membersihkan dengan air mengalir dan menggunakan sabun antibiotik untuk cuci tangan setelah bersentuhan dengan barang-barang tersebut.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan rajin mandi 2 hari sekali. Sebisa mungkin menggunakan sabun antibiotik dan handukan sampai badan kering.

2. Hindarkan Menggunakan Perban Ataupun Penutup Luka

Dengan menutup gatal dengan perban ataupun penutup luka hanya akan memperparah kondisi. Karena hal ini bisa membuat kulit menjadi lebih lembab.

Sebaiknya ruam dibiarkan terbuka agar kondisi kulit tetap kering dan proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat.

3. Mengguanakan Obat Yang Memiliki Bahan Anti Jamur

Agar gatal jamur bisa disembuhkan dengan cepat maka gunakan obat yang memiliki bahan anti jamur, seperti produk dari Tetulung Binahong.

Produk dari tetulung terbuat dari bahan-bahan alami yang memang sudah didesain khusus untuk mengatasi permasalahan kulit apalagi yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Selain mampu mengatasi jamur, kandungan binahong yang terkandung dalam produk tetulung juga mencegah infeksi terjadi kembali.

Gatal kurap Shopee

Leave a Reply

Your email address will not be published.